Tinggalkan Barcelona, Ivan Rakitic Pulang ke Sevilla

Posted on

Ivan Rakitic mengakhiri petualangannya di Barcelona. Rakitic lalu “pulang” ke club lamanya Sevilla. Kejelasan transfer Rakitic ke Sevilla dipublikasikan langsung oleh Barcelona di account twitter resminya, Rabu (2/9/2020). Rakitic mendapatkan kontrak berdurasi empat tahun dari club Andalusia itu. 

Tidak disebut berapakah nominal transfer Rakitic ke Sevilla. Tetapi, dikutip dari Sport, Barcelona akan mendapatkan optimal 8 juta euro bergantung Sevilla maju ke Liga Europa atau Liga Champions dalam dua musim ke depan.

Kepindahnya Rakitic ini lalu mengakhiri enam tahun penjelajahan pemain dari Kroasia itu di Catalunya. Rakitic dihadirkan dari Sevilla oleh Barcelona pada 2014, waktu Luis Enrique pertama-tama melatih club itu.

Rakitic jadi jagoan di baris tengah serta berperanan besar mengantar Barcelona mendapatkan treble winners pada musim 2014/2015. Ia cetak gol dalam kemenangan Barcelona 3-1 atas Juventus di partai final. Semasa enam musim menguatkan Barcelona, Rakitic membuat 36 gol dari 310 performa serta memberi 13 piala, termasuk juga empat LaLiga, empat Copa del Rey, serta satu Liga Champions.

Kembalinya Rakitic ke Sevilla ikut dikuasai oleh keinginan istrinya yang disebut orang asli wilayah itu. Rakitic memang lama menguatkan Sevilla di periode pertama kalinya, yaitu 2010-2014, dengan 149 performa serta 34 gol. Ivan Rakitic saat itu menjadi kapten waktu Sevilla memenangkan Liga Europa 2013/2014. Rakitic jadi pemain pertama yang dilego Barcelona di masa Ronald Koeman serta peluang akan mengejar beberapa nama lagi, termasuk juga Luis Suarez.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *