Libur Panjang Oktober 2020 dan Cuti Bersama, Tetap Waspada COVID-19

Posted on

Musim libur panjang Oktober 2020 serta cuti bersama-sama selekasnya dapat dicicipi semua warga Indonesia. Warga dapat memutuskan berlibur dengan selalu siaga penyebaran COVID-19.

“Pengalaman awalnya, waktu berlibur berlangsung mobilisasi yang tinggi. Gerakan warga dapat memunculkan tempat penyebaran. Ini yang penting kita cermati bersama-sama,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

BACA – Ungkap Alasan Menikah, Vicy Melanie: Kevin Banyak Positifnya

Tito merekomendasikan warga yang akan berlibur lakukan test PCR sebelumnya berlibur untuk mengetahui COVID-19. Janganlah sampai virus corona mengkontaminasi sekitar lingkungan waktu libur panjang.

Kecuali lakukan PCR, ada banyak hal yang lain dapat dilaksanakan sebelumnya lakukan traveling. Usaha ini ialah kesiagaan untuk COVID-19 hingga tidak ada cluster baru atau kenaikan masalah.

Berikut hal yang perlu jadi perhatian sepanjang libur panjang Oktober 2020 serta cuti bersama-sama:

1. Karyawan yang ke zone merah serta oranye harus lapor

Juru Berbicara Pemerintahan untuk Perlakuan COVID-19 Wiku Adisasmito merekomendasikan perusahaan lakukan pencatatan untuk pegawai. Karyawan yang ke zone merah serta oranye harus memberikan laporan diri ke kantor.

“Pegawai yang melancong ke zone oranye serta merah harus memberikan laporan ke perusahaan,” kata Wiku.

Perusahaan harus menggerakkan pegawai lakukan karantina mandiri bila alami tanda-tanda COVID-19. Tanda-tanda ini misalkan demam, masalah pernapasan, kehilangan indera perasa serta penciuman.

2. Limitasi kemampuan rest tempat

Layanan Marga merencanakan lakukan limitasi kemampuan rest tempat sepanjang libur panjang Oktober 2020 serta cuti bersama-sama. Usaha ini ialah implementasi menjaga jarak untuk menahan penyebaran virus Corona.

“Untuk tempat istirahat, Layanan Marga memaksimalkan service lewat limitasi pengunjung serta kemampuan parkirkan maksimal 50% selaku penjagaan penebaran COVID-19,” kata Corporate Communication dan Community Development Grup Head Layanan Marga Dwimawan Heru.

Bila harus singgah ke rest tempat, Heru memperingatkan tak perlu semakin lama serta selalu mengaplikasikan prosedur kesehatan dimanapun. Prosedur mencakup gunakan masker, bersihkan tangan, memutuskan take away makanan, serta bawa perlengkapan beribadah sendiri.

3. Taati ketentuan jalan raya

Libur panjang Oktober 2020 serta cuti bersama-sama tidak jadi fakta menyalahi ketentuan jalan raya. Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya selalu melakukan Operasi Zebra Jaya 2020 sepanjang 14 hari kedepan.

Dalam operasi ini, polisi akan memantau prosedur kesehatan COVID-19 dalam penegakan disiplin jalan raya. Operasi diadakan tiada razia untuk menahan munculnya keramaian.

“Prosedur COVID-19 jadi satu diantara aktivitas penting Operasi Zebra. Kita tidak ada razia serta karakternya hunting, saat ada pelanggar karena itu dilaksanakan pengusutan,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

4. Bagaimana yang selalu masuk?

Periode libur panjang Oktober 2020 serta cuti bersama-sama kemungkinan tidak dapat dirasa semua karyawan swasta. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memberikan ketentuan libur untuk setiap perusahaan.

“Cuti bersama-sama untuk bagian swasta fakultatif, karena itu realisasinya berdasar persetujuan karyawan serta pebisnis. Sebab fakultatif jadi tidak harus serta tidak ada denda,” kata Ida.

Tetapi karyawan swasta yang selalu masuk tidak perlu cemas tidak punyai waktu berlibur menjelang tahun akhir. Masihlah ada tanggal merah serta cuti bersama-sama yang lain dapat dipakai untuk traveling.

Berikut daftar lengkap libur panjang Oktober 2020 dan cuti bersama:

1. Rabu, 28 Oktober 2020 cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
2. Kamis, 29 Oktober 2020 hari libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
3. Jumat, 30 Oktober 2020 cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
4. Kamis, 24 Desember 2020 cuti bersama Natal 2020
5. Jumat, 25 Desember 2020 hari libur nasional Natal 2020
6. Senin, 28 Desember 2020 cuti bersama pengganti Idul Fitri 1441 Hijriah
7. Selasa, 29 Desember 2020 cuti bersama pengganti Idul Fitri 1441 Hijriah
8. Rabu, 30 Desember 2020 cuti bersama pengganti Idul Fitri 1441 Hijriah
9. Kamis, 31 Desember 2020 cuti bersama pengganti Idul Fitri 1441 Hijriah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *