Hari Pertama Operasi Zebra 2020, Polisi Tilang Ribuan Pemotor

Posted on

Hari awal penerapan Operasi Zebra 2020, polisi menilang lebih dari 3.500 pengendara mobil dan motor yang menyalahi jalan raya. Umumnya menantang arus. Petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menilang 3.577 pelanggar sejauh hari awal penerapan Operasi Zebra 2020, Senin (26/10) tempo hari.

BACA – Libur Panjang Oktober 2020 dan Cuti Bersama, Tetap Waspada COVID-19

Pelanggaran paling banyak untuk pengendara motor ialah menantang arus, sesaat untuk pengendara mobil berbentuk menyalahi pundak jalan tol. Dijumpai, operasi itu akan diadakan sepanjang 2 minggu, terhitung semenjak 26 Oktober sampai 8 November kedepan.

“Pengusutan tilang sekitar 3.577 kasus, peringatan sekitar 4.982 kasus,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Selasa (27/10). 

Untuk pengendara sepeda motor, pelanggaran paling banyak yaitu menantang arus, sekitar 694 kasus.

Selanjutnya, pemakaian helm sekitar 421 kasus, menyalahi setop line sekitar 354 kasus, tidak diperlengkapi STNK sekitar 45 kasus. Dan mengemudi di bawah usia ada 17 kasus.

“Pelanggaran bonceng lebih dari satu orang ada 9 kasus,” sebut Sambodo.

Sedang untuk pengendara mobil, pelanggaran paling banyak ialah menyalahi pundak jalan tol. Terdaftar, ada 583 kasus. Lalu, pelanggaran setop line ada 182 kasus, tidak memakai safety belt sekitar 104 kasus, memakai smartphone waktu mengemudi ada 33 kasus, serta tidak diperlengkapi STNK sekitar 4 kasus.

Untuk Operasi Zebra 2020 ini, ada 5 tipe pelanggaran sebagai sasaran target. Pelanggaran ini diantaranya pengendara yang menantang arus, pengendara tidak menggunakan helm, pelanggaran pada setop line, pelanggaran alarm serta rotator, pengendara lewat di pundak jalan, terutamanya jalan tol.

Sambodo awalnya menjelaskan, dalam operasi kesempatan ini faksinya tidak lakukan razia dengan stasioner. Kebijaksanaan ini dilaksanakan untuk menghindar keramaian di tengah-tengah warga. Mengingat masih juga dalam saat-saat wabah Covid-19.

“Kami karakternya hunting, contoh ini hari 1 jam di pasar rumput, berpindah kembali 1 jam ke DI Panjaitan, ada team yang motoris gunakan kendaraan patroli,” papar Sambodo, Senin (26/10).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *